kursor

Cursor

The Elders Scroll Skyrim - Help Select

Kamis, 24 Maret 2022

Platform Menarik Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Quizizz

 Platform Menarik Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19 Dengan Quizizz
achmadnurravi@gmail.com

    Pembelajaran Online merupakan hal yang normal untuk masa sekarang. Dimana dulunya sekolah selalu melakukan pembelajaran tatap muka, berinteraksi antara guru dengan murid secara langung, aktif melakukan tanya jawab di kelas, bermain sambil belajar, dan bercanda gurau dengan teman maupun guru ketika di kelas. Namun, sejak munculnya pandemi Covid 19 pada penghujung tahun 2019 yaitu adanya penyebaran Virus Corona yang mempengaruhi hampir seluruh negara di dunia termasuk negara Indonesia mulai dari aspek pemerintahan, ekonimi, sosial dan budaya, serta aspek pendidikan yang mana mampu merubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

      Seperti yang kita ketahui, pembelajaran tatap muka adalah sistem pendidikan yang dari dulu sudah diterapkan di Indonesia sampai sebelum munculnya wabah Covid 19. Karena adanya wabah virus yang masukd di Indonesia bahkan menyerang ke seluruh dunia menyebabkan sistem pendidikan yang awalnya tatap muka atau offline diganti dengan sistem online. Pemerintah juga mencari berbagai cara bagaimana agar anak yang masih sekolah bisa mendapatkan ilmu tanpa harus takut dengan adanya pandemi covid 19 ini dan salah satunya adalah dengan menggunakan sistem pembelajaran online ini. Mulai dari anak TK, SD, SMP, SMA, bahkan yang sedang menduduki dunia perkuliahan juga ikut merasakan akibatnya. Dengan. Dengan adanya sistem pembelajaran online ini, pemerintah juga ikut membantu atau mendukung sistem pembelajaran online agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indoneisa ini dengan cara membagikan kuota gratis, bantuan uang kuliah, dan lain sebagainya.

    Banyak cara yang bisa digunakan dalam melakukan sistem pembelajaran online ini seperti menggunakan aplikasi video conference seperti zoom, google meet, duo, dan lain sebagainya yang mana metode pembelajaran menggunakan aplikasi ini merupakan metode yang hampir sama dengan sistem pembelajaran tatap muka. Kemudian, ada yang namanya platform online class. Yaitu adalah sebuah aplikasi dimana seorang guru mampu mengatur kelas secara online menggunakan aplikasi seperti Google Classroom, Edlink, Edmodo, Ruang Guru, dan lain sebagainya tidak peduli di manapun guru tersebut berada asalkan masih terhubung dengan internet maka guru mampu memberikan tugas, memberikan penjelasan, dan mengatur segala macam kegiatan yang ada di kelas secara online. Selanjutnya, ada satu cara yang paling populer serta simpel yang digunakan untuk melakukan sistem pembelajaran secara online adalah menggunakan video adalah menggunakan Video YouTube. Selain yang telah disebut di atas, ada satu lagi metode yang bisa digunakan dalam melakukan sistem pembelajaran online yang menggunakan Web Tool seperti Quizizz. Web Tool adalah alat di web yang dapat berisi satu atau lebih alat yang menggunakan data input yang dimasukkan dalam sebuah aplikasi, memprosesnya, dan mengembalikan output dalam bentuk berbagai fitur, peta, laporan, bahkan file. Quizizz merupakan sebuah Web Tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas dan kuis interaktif yang dibuatnya memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

    Sebuah aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan aplikasi Quizizz yang merupakan sebuah Web Tool interaktif yang mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri. Kelebihannya bagi guru yang pertama adalah mudah untuk membuat soal. Artinya soal yang telah dibuat oleh guru dalam bentuk arsip soal yang hanya tinggal memindahkan sajaatau copy paste, hindari copy paste soal dari orang lain, sebab bisa jadi ada siswa yang pernah melihat soal tersebut. Hal ini biasanya terjadi apabila siswa sudah tahu guru menggunakan Quizizz mereka nantinya akan mencari terlebih dahulu atau searching melihat soal-soal yang ada di Quizizz dan disini guru  dituntut untuk perlu sekreatif dan seminimal arsip soal yang sudah dibuat sendiri. Kedua, setiap siswa ketika menjawab pertanyaan dengan benar maka akan muncul beberapa poin yang didapatkan dalam satu soal dan juga mendapat ranking ketika menjawab soal tersebut. Ketiga, jika siswa menjawab salah pertanyaan tersebut, maka nantinya akan muncul jawaban yang benar. Keempat, jika selesai mengerjakan kuis, nantinya pada akhir kuis akan ada tampilan Review Question yang mana berfungsi untuk melihat kembali jawaban yang kita pilih. Kelima, dalam pengerjaan kuis, setiap siswa mendapat daftar pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya karena kuis tersebut dibuat dalam bentuk Homework sehingga nantinya daftar soalnya diacak dan setiap siswa, soal yang muncul berbeda-beda. Sedangkan, untuk kelemahannya sendiri ada beberapa. Pertama, siswa dapat membuka tab baru, artinya siswa bisa masuk dengan dengan akun lain jika siswa memiliki dua akun email. Kedua, susah dalam mengontrol siswa ketika mereka membuka tab baru. Ketiga, siswa bisa jadi akan turun peringkat walaupun dia sudah mengerjakan atau menjawab semua soal yang ditanyakan, hal ini dikarenakan adanya “masalah waktu”, artinya kecepatan siswa mengerjakan soal akan memperoleh nilai yang besar sehingga mempengaruhi peringkatnya. Keempat, nantinya akan menjadi kendala jika ada beberapa siswa yang terlambat bergabung sehingga perlu persiapan yang matang sebelum memulai quiz tersebut.

    Dari penjabaran di atas, dapat kita simpulkan bahwasanya sistem pembelajaran online ini terdapat beberapa kelemahan dan kelebihannya tersendiri dan pastinya sistem pembelajaran ini berbeda dengan sistem pembelajaran offline atau pertemuan tatap muka. Begiut juga, dengan menggunakan aplikasi-aplikasi atau fitur-fitur yang bisa digunakan sebagai metode dalam melaksanakan pembelajaran online itu sendiri. Seperti salah satunya, menggunakan Quizizz yang merupakan sebuah platform menarik yaitu sebuah kuis interaktif atau secara real time ysehingga diperlukan kehati-hatian serta persiapan yang matang sebelum melaksanakan kuis terebut.

0 komentar:

Posting Komentar